Site icon aknela.ac.id

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Secara Freelance

pekerjaan-yang-bisa-dilakukan-secara-freelance

Carilah pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance di era teknologi sangat banyak sekali. Tidak sedikit orang yang memilih banting setir dari pekerja offline atau WFO kemudian pindah haluan ke WFH.

Selain dari sisi waktu dan tempat yang lebih fleksibel, bekerja freelance juga memiliki keuntungan tidak kalah menggiurkan dibandingkan pekerja offline.

Contoh Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Secara Freelance

Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dijadikan gambaran sebelum akhirnya memutuskan memilih bekerja freelance.

  1. Penulis

Pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance yang pertama adalah penulis. Bidang pekerjaan ini dari sisi biaya, bisa dikatakan sangat minim biaya. Bahkan hampir tidak membutuhkan modal biaya.

Tidak sedikit orang yang telah merasakan penghasilan dari menulis. Jika ingin menulis artikel skill yang diperlukan olah kata yang enak dibaca dan paham teknik penulisan SEO.

Kalau menguasai ilmu dasar tersebut, para pemilik blog maupun website biasaya akan melirik dan menjadikan jasanya sebagai content writer.

Jika suka dengan sastra, cerita, novel, puisi, menulis tentang biografi, sejarah, dan genre-genre lainnya, tempat yang tepat untuk mendapatkan pundi-pundi cuan adalah platform online. Seperti KLPK, KBM, Fizzo, dan masih banyak lainnya.

  1. Penjual Online

Era digital dan teknologi memberikan pola perubahan gaya hidup yang sangat signifikan. Termasuk dalam hal belanja.

Orang sekarang tipikal lebih suka belanja lewat online, pesan lewat hp dan menunggu pesanan datang daripada belanja di minimarket dan supermarket.

Dari sisi waktu, belanja online memang lebih fleksibel. Peluang inilah yang kemudian dibaca oleh sebagian pedagang. Selain itu, keuntungan lain jualan online adalah biaya operasionalnya lebih sedikit daripada offline.

Beberapa contoh lapak yang bisa dipakai jualan diantaranya: facebook, tokopedia, tik tok shop, shopee, bukalapak, blibi, dan masih banyak lainnya.

  1. Affiliate

Pekerjaan freelance selanjutnya yaitu affiliate. Secara sederhana affiliate bisa diartikan sebagai jasa calo, penghubung, atau makelar. Jenis pekerjaan ini sangat cocok untuk yang tidak ada modal stok barang.

Cara kerjanya, membantu mempromosikan produk orang-orang yang punya stok barang. Biasanya sistemnya bagi komisi. Misal, kalau berhasil menjualkan 1 produk seharga 100.000, kalau komisinya 10 persen berarti dapat keuntungan 10.000.

Marketplace yang bisa dijadikan sebagai ladang affiliate, diantaranya: shopee, tik tok shop, dan lain-lain.

  1. Photographer

Photografer masuk ke dalam daftar pekerjaan freelance yang memiliki keuntungan lumayan.

Untuk yang punya seni dibidang ini bisa menjual photo-photo hasil jepretannya, di platform yang menyediakan, seperti: pexels, unsplash, dan masih banyak lainnya.

Jenis atau model photo yang dijual sangat beragam. Mulai photo tumbuhan, photo manusia, benda, ruangan, dll.

  1. Editor Video

Konten kreator saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak diminati. Tidak sedikit para penggiat youtube maupun membuat konten di media lain yang tidak punya keahlian di bidang edit video. Untuk menunjang estetika hasil konten biasanya mencari jasa edit video secara online.

Untuk bisa mendapatkan klien, bisa lewat media sosial, seperti masuk ke group-group terkait edit video, group kreator, dan group-group senafas lainnya.

  1. Pengisi Suara Latar Belakang

Pengisi suara latar belakang juga bisa dikerjakan secara freelance. Biasaya klien memberikan naskah yang harus dibaca, kemudian hasil rekaman tersebut dikirim secara online.

Kesimpulan

Pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance sebenarnya masih banyak. Bukan hanya enam jenis seperti yang diuraikan di atas. Syarat utama agar jasa online laku dipasaran adalah punya skill terkait hal tersebut.

Exit mobile version